Penuhi Syarat Pendidikan atau Pelatihan!

Advertisement:
syarat pendidikan dan pelatihan
Miliki minimal syarat pendidikan dan pelatihan jika dibutuhkan. image: google.com
Tips berikutnya agar sukses bekerja dan meniti karir adalah soal persyaratan minimal. Tidak semua pekerjaan atau profesi membutuhkan syarat minimal pendidikan atau pelatihan. Jadi dengan gampang kita bisa saja meloncat dari satu pekerjaan atau profesi ke profesi lainnya. Gonta ganti kerja menjadi hal yang lumrah. Namun untuk beberapa pekerjaan lainnya agar bisa sukses atau dibayar mahal tentu mensyaratkan minimal pendidikan dan pelatihan. Kalau kita tidak memenuhi syarat ini, jangan harap bisa mencapainya. Buang jauh-jauh impian atau ambisi menekuni pekerjaan atau profesi tersebut. Kita bakalan ditolak mentah-mentah meski ribuan kali mengirimkan surat lamaran.


Beberapa contoh profesi atau pekerjaan yang tidak membutuhkan syarat minimal pendidikan atau pelatihan seperti jualan makanan kaki-5, pedagang rokok asongan, tukang loper koran, penarik becak, nelayan, petani, pemulung, tukang cuci, pengamen di bis kota, tukang serabutan, tukang ojek, tukang sapu jalanan, dsb. Namun kenyataannya untuk beberapa profesi yang baru saja disebutkan di atas terkadang masih butuh sedikit pembelajaran atau minimal pengalaman. Contohnya tukang ojek. Jika kita ngojek sendiri tentu hanya butuh sebuah sepeda motor dan bisa mengendarainya. Untuk bisa mahir mengendarai motor kita masih butuh belajar cara naik motor dengan benar. Ini semacam pelatihan meski tidak formil, bisa belajar sendiri secara otodidak. Namun kalau kita ingin bergabung ke perusahaan-perusahaan ojek online seperti Go-Jek, Crab Bike, dsb...lain lagi ceritanya. Mininal harus ada surat izin mengemudi (SIM), ijazah, dsb. Yang dua terakhir ini adalah syarat pelatihan atau pendidikan.
Sementara pekerjaan atau profesi yang benar-benar membutuhkan pendidikan (ijazah/sertifikat/surat izin praktek) sejenisnya atau pelatihan misalnya dokter, pengacara, akuntan, guru, pilot, tentara, polisi, dsb. Tanpa mengenyam pendidikan khusus untuk profesi tersebut tidak mungkin menjadi dokter, pengacara, pilot atau tentara. Semua profesi tersebut harus melalui serangkaian pendidikan, pelatihan, ilmu dan tentunya uji kompetensi yang bahkan waktunya sangat panjang dan berjenjang.

Jadi kesimpulannya: jika kita tidak memiliki pendidikan atau pelatihan yang dipersyaratkan, buang jauh-jauh keingingan untuk terjun di profesi atau menekuni pekerjaan tersebut. Sekalipun memang bayarannya sangat menggiurkan, tunjangannya sangat mencukupi, benar-benar kita sukai dan Anda yakin mampu melakoninya. Karena memang tidak memungkinkan! Persiapkanlah diri kita sebaik-baiknya dari awal agar bisa melalui semuanya dengan baik. Sekolahlah dengan benar dan rajin terutama untuk putra-putri kita yang masih kecil yang mungkin saja akan berkarir dan berprofesi di bidang-bidang tertentu.

selanjutnya >> Tidak Melanggar Hukum

Sponsored links
Share on Google Plus

Tentang KonsumenReview. com

Konsumenreview.com adalah tempat terbaik melihat hasil review dan komentar dari masyarakat Indonesia seputar produk (barang jasa) yang ada di sekitar kita. Ikutlah berpartisipasi menginspirasi rekan-rekan lainnya.
    Blogger Comment
    Facebook Comment