Mau Hidup Sehat? Hindari atau Kurangi 3 Makanan Ini!

Advertisement:
Anda ingin hidup sehat dan panjang umur? Tentu saja banyak caranya. Salah satunya adalah menghindari atau mengurangi 3 jenis makanan ini yaitu: pemanis buatan, pewarna buatan dan pengawet. Ketiga jenis makanan ini selalu hadir di tengah-tengah kita bahkan tanpa disadari mungkin setiap hari kita terus mengkonsumsinya. Menumpuk di dalam tubuh dan bercampur dengan darah selama bertahun-tahun lamanya apa jadinya? Makanya banyak sekarang penyakit aneh-aneh mulai dari kanker, limpa, penyakit degeneratif, dsb. Berubahlah sekarang sebelum terlambat dan mengeluarkan banyak uang! Punya asuransi kesehatan pun tidak ada gunanya sebab ketika dioperasi nyawa pun bisa melayang. Uang pertanggungan asuransi turun pun, istri bisa kawin lagi dengan uang tersebut.
hindari dan kurangi pemanis buatan
Mau hidup sehat dan panjang umur? Hindari atau minimal kurangi pemanis buatan. image: liveto110.com


Jika Anda tidak bisa menghindarinya, minimal dikurangi. Kalau tidak bisa dikurangi secara langsung lakukan secara bertahap-tahap. Gampang kok asal ada niat, mau hidup sehat dan berpikiran cerdas. Di zaman internet seperti sekarang ini semua informasi penting dan bermanfaat mudah diperoleh. Tinggal dibaca saja dan gratis.

Pemanis Buatan

Pemanis buatan (artificial sweetener) fungsinya adalah untuk menggantikan gula. Biasanya ditambahkan agar makanan atau minuman tampak manis tetapi tidak bikin gemuk. Sebab dengan jumlah komposisi yang sedikit saja sudah bisa membuat sebuah makanan atau minuman tampak lebih manis berkali-kali lipat dibandingkan menggunakan gula. Jauh lebih hemat dan menguntungkan secara bisnis. Gula diketahui mengandung kalori yang tinggi sehingga bisa menambah berat badan. Celakanya adalah pemanis buatan ini memiliki efek buruk yang jauh lebih berbahaya dalam jangka panjang daripada gula yang hanya menambah kalori alias berat badan.
Ada banyak sekali nama, istilah atau kode-kode untuk pemanis buatan ini. Beberapa produk tersebut memang masih ada yang merupakan produk turunan dari gula tetapi tetap dikategorikan pemanis buatan. Jadi jangan percaya begitu saja jika ada yang bilang ini dibuat dari gula. Memang terbuat dari gula tetapi bukan lagi gula. Beberapa nama beken atau istilah ilmiah dari pemanis buatan yang harus kita ketahui dan sering dipergunakan seperti: 
  • Aspartam
  • Neotam
  • Siklamat
  • Sakarin
  • Asesulfam Potassium
  • Sukralosa
  • Sorbitol
  • Isomalt
  • Silitol
  • Maltitol
  • Manitol
  • Laktitol
  • Eritritol
  • Stevia
  • dst..

Selain agar terasa manis di semua produk makanan dan minuman, kegunaan pemanis buatan juga agar makanan minuman tersebut bisa dikonsumsi oleh mereka-mereka yang menderita penyakit diabetes. Sebab para penderita diabet biasanya paling anti sama gula dan yang manis-manis. Namun jika diklaim tidak terbuat dari gula tetapi pemanis buatan ada yang mau menikmatinya. Tak heran sering kita melihat bunyi iklan-iklan tentang penggunakan pemanis buatan di berbagai macam produk yang ditayangkan di televisi.

Cara Membedakan Pemanis Buatan vs Gula

Caranya sederhana. Kalau mau yang rumit dan lebih akurat tentu saja hanya bisa dibuktikan di laboratorium. Setiap produk yang dijual biasanya ada informasi kandungan gizi atau komposisi bahan-bahannya. Tinggal melihat kemasannya. Cari tahu apakah menggunakan pemanis buatan atau gula. Jika ada istilah-istilah yang disebut di atas maka sudah pasti menggunakan pemanis buatan. Selain itu jika ada kata "sweetener" atau "sugarfree" biasanya pasti menggunakan pemanis buatan. Atau kadang juga bisa menggunakan kode-kode tertentu dan silakan dicari tahu lebih lanjut. Ada juga produk yang mengkombinasikan gula murni dengan pemanis buatan ini. Jadi ada 2 jenis pemanis supaya terasa lebih berimbang.

Bagaimana jika produk tersebut tidak ada kemasannya misalnya minuman, makanan atau kue-kue yang dibuat secara tradisional? Tinggal kita tanyakan apakah menggunakan pemanis buatan atau gula asli. Jika dijawab gula baru kita beli. Jika pemanis buatan maka kita tolak atau setidaknya jangan pesan, beli atau makan terlalu banyak dan sering. Coba kita mencari pilihan alternatif. Namun kadang ada juga penjual yang berusaha mengibuli pembeli dengan mengatakan menggunakan gula asli. Tinggal kita cobain saja jika manisnya ada rasa pahit-pahitnya, tampak aneh atau tidak biasa, pasti menggunakan pemanis buatan. Berarti penjual atau pedagang tersebut kurang peduli sama kesehatan konsumen. Lain kali jangan beli lagi di sana. Jika produk yang mereka jual adalah titipan seharusnya mereka menjawab, "Wah kurang tahu juga ya," bukan malah berkata "gula asli."

Dengan naluri Anda sebagai manusia dewasa, Anda pasti tahu mana pedagang yang jujur dan apa adanya dengan pedagang yang berlebihan atau dibuat-buat. Bagaimana?
 
berikutnya >> Pewarna Buatan

Sponsored links:
Share on Google Plus

Tentang KonsumenReview. com

Konsumenreview.com adalah tempat terbaik melihat hasil review dan komentar dari masyarakat Indonesia seputar produk (barang jasa) yang ada di sekitar kita. Ikutlah berpartisipasi menginspirasi rekan-rekan lainnya.
    Blogger Comment
    Facebook Comment