Carilah Pekerjaan Yang Bisa Menafkahi

Advertisement:
carilah pekerjaan yang bisa menafkahi kita
Asyik gajinya lebih dari cukup.
Oke, kita anggap Anda sudah menyukai sebuah pekerjaan atau profesi. Anda pun mampu melakukannya dengan baik. Lalu bagaimana jika ternyata Anda tidak mendapatkan bayaran yang lebih dari cukup atau semestinya? Bagaimana Anda menutupi biaya hidup atau biaya-biaya operasional yang ada? Apakah Anda akan tetap bertahan di pekerjaan dan profesi tersebut? Tentu tidak, bukan? Bisa-bisa mati kelaparan! Jadi sangatlah penting mencari pekerjaan yang benar-benar bisa menafkahi kita.


Ada banyak jenis pekerjaan atau profesi di muka bumi ini. Mulai dari tukang sapu jalanan atau pemulung yang dianggap orang paling hina hingga jadi presiden yang paling tinggi dan mulia. Semuanya bebas kita pilih dan lakoni jika memang mampu dan ada kesempatan. Dari semua jenis pekerjaan dan profesi tersebut, ada yang bayarannya cukup menghidupi seseorang tetapi bagi sebagian lagi mungkin tidak cukup. Ini sebenarnya relatif dan tidak bisa dijadikan patokan. Asal penghasilannya cukup buat diri kita sendiri maka sudahlah bagus. Jangan pedulikan omongan orang lain. Percuma gaji besar tetapi biaya hidup juga tinggi. Namun kita tidak boleh menutup diri juga terhadap saran-saran atau peluang-peluang baru yang menawarkan gaji atau penghasilan yang lebih besar.
Bagi seorang tukang becak di sebuah kota kecil, penghasilan sehari Rp 30.000 mungkin sudah sangatlah besar dan lebih dari cukup. Satu bulan bisa mengantongi kurang lebih Rp 1 juta. Modalnya pun cuma tenaga dan satu unit becak yang disewa harian. Namun bagi orang lain, mungkin Rp 1 juta per bulan tidaklah cukup bahkan sangatlah kurang. Jadi dikembalikan kepada diri kita masing-masing sesuai kebutuhan hidup dan tanggungan keluarga yang ada.

Kalau kita masih hidup sendirian (single) minimal penghasilan, bayaran atau gaji yang kita dapatkan harus bisa menghidupi kita. Entah itu bayar sewa kost, kontrakan rumah, makan-makan, uang bensin, uang jajan, dsb. Jangan sampai tidak mencukupi karena bisa berbahaya. Ujung-ujungnya bisa ngutang di sana sini dari warung hingga pasar. Biaya hidup menjadi semakin tinggi jika kita sudah berkeluarga atau masih mempunyai adik atau orang tua yang harus ditanggung. Jadi pastikan gaji, penghasilan atau bayaran kita bisa mencukupi semuanya itu.

Kisah Pelukis Membakar Lukisannya

Anda pernah mendengar kisahnya? Ada seorang pelukis yang hobby melukis. Dirinya juga sudah menghasilkan banyak sekali karya-karya lukisan yang bagus. Sayangnya, tidak ada satupun lukisannya yang disukai orang atau laris terjual. Karena stres dan butuh biaya hidup, akhirnya semua lukisannya dibakar sehingga diliput di sebuah media cetak. Buyar mimpinya jadi pelukis. Bisa Anda bayangkan?

Ada orang yang hobby menulis dan sudah menghasilkan banyak buku, novel atau cerpen. Tapi tak satupun yang diterima penerbit untuk dijadikan buku, redaktur media massa untuk diterbikan atau bukunya jadi terbit tetapi tidak best seller. Artinya tidak bakalan mendapatkan royalti yang cukup atau bayaran. Mau hidup dari mana penulis seperti ini? Ada lagi yang hobby ngeblog dan menjadi blogger. Sudah buat blog bagus-bagus tetapi tidak ada pemasukan dari iklan. Mendaftar Google Adsense selalu ditolak dan gagal. Nah, bagaimana bisa membayar biaya listrik, pulsa, secangkir kopi waktu ngeblog, dsb? Belum lagi jika dikaitkan dengan biaya hidup sehari-hari.

Jadi pastikan benar bahwa profesi atau pekerjaan tersebut juga harus bisa menghidupi diri kita. Jika saat ini dirasa kurang, dioptimalkan. Jika dirasakan sudah optimal tetapi itu-itu saja, beralihlah ke profesi atau pekerjaan lainnya. Ada jutaan profesi dan pekerjaan yang bebas kita pilih. Tak perlu gengsi atau malu daripada kelaparan sendiri. Jika bekerja untuk orang dirasakan kurang berhasil, ya cobalah berwirausaha. Jika sudah gagal berwirausaha produk (barang jasa) A, beralihlah ke B, C, D, dst. Pokoknya terus bergerak dan mencari hingga menemukan yang terbaik!
 

Sponsored links:
Share on Google Plus

Tentang KonsumenReview. com

Konsumenreview.com adalah tempat terbaik melihat hasil review dan komentar dari masyarakat Indonesia seputar produk (barang jasa) yang ada di sekitar kita. Ikutlah berpartisipasi menginspirasi rekan-rekan lainnya.
    Blogger Comment
    Facebook Comment