Carilah Pekerjaan Yang Bisa Dilakukan

Advertisement:
carilah pekerjaan yang benar-benar bisa dilakukan
Doraemon dan kantong ajaib.
Untuk benar-benar sukses dan puas meniti karir atau profesi, kita bukan saja dituntut untuk menyukai sebuah pekerjaan tetapi juga harus bisa melakukannya. Bayangkan jika ada orang yang suka atau hobby menulis novel tetapi tidak ada satu pun karya yang benar-benar dihasilkan. Entah itu mogok di tengah jalan, terlalu sibuk, macet idenya, ditolak penerbit, dsb...dsb. Bagaimana orang tersebut bisa sukses sebagai seorang novelis? Jadi penting sekali bisa melakukan atau melakoninya. Suka, hobby atau senang saja tidak cukup!


Tidak cukup bermodalkan tekad, suka, senang, hobby, pengen atau mau, apalagi sekadar mengikuti trend seperti yang sedang banyak dilakukan orang. Ada banyak orang yang mau ini dan itu seperti lagu Doraemon:
"Aku ingin begini, aku ingin begitu.
Ingin ini itu banyak sekali...."
Sayangnya tidak ada Doraemon di muka bumi ini yang bisa mewujudkan impian kita. Meminjamkan kantong ajaibnya. Jadi kitalah yang harus memastikan bahwa kita bisa mengerjakan pekerjaan atau melakoni profesi tersebut secara baik dan profesional. Ada banyak orang yang ingin jadi dokter tetapi begitu melihat darah tidak kuat, bagaimana bisa?
Anda ingin menjadi pelukis maka harus bisa melukis. Anda ingin menjadi blogger maka harus bisa menulis dan membagikan tulisan yang bagus. Anda ingin menjadi novelis maka harus bisa menulis cerita novel yang bagus-bagus. Anda ingin jadi dokter maka harus bisa mengobati pasien dengan baik dan sembuh. Anda ingin menjadi pengacara maka harus bisa membantu klien Anda. Anda ingin jadi chef atau koki hebat maka harus bisa memasak makanan yang enak-enak. Anda ingin jadi gubernur atau presiden maka harus bisa memimpin dan mensejahterakan rakyat, dst. Jika tidak maka Anda akan gagal dan disarankan berganti profesi atau pekerjaan saja. Pekerjaan atau profesi tersebut tidak cocok untuk Anda. Makin diteruskan makin hancur karir Anda!

Bisa Karena Biasa

Memang ada pepatah yang berkata "bisa karena biasa". Itu benar. Tidak dalam sekejap seseorang menjadi mahir atau pakar. Seseorang bisa menjadi ahli karena terus berulang kali melakukan atau mengerjakan pekerjaan tersebut. Sebagian lagi harus mengalami kegagalan parah, frustasi sampai malu atau diremehkan orang lain. Gagal adalah hal yang wajar dan biasa. Meski demikian apakah benar ketika gagal kita berusaha bangkit dan memperbaikinya? Benarkah kita ada passion di sana? Banyak orang gagal karena memang passionnya tidak ada di sana. Jadi mereka tidak menemukan cara keluar terbaik atau tidak belajar dari pengalaman. Pastikan kita terus mencobanya sampai benar-benar bisa melakukannya. Sebaliknya jika sudah mencoba berulang-ulang kali atau sudah bertahun-tahun tetapi tetap gagal juga, mungkin benar profesi atau pekerjaan tersebut tidak cocok untuk Anda. 

Di sini kita berbicara meniti karir atau profesi utama yang akan mengikat kita seumur hidup kita. Lain halnya jika pekerjaan atau profesi tersebut adalah pekerjaan sampingan (side job) atau pekerjaan iseng dan coba-coba. Tentu kita tidak dituntut untuk langsung bisa atau menjadi pakarnya. Bagus, jika akhirnya juga bisa kita kuasai dengan baik dan sempurna.

Jadi pastikan pekerjaan atau profesi yang Anda cari atau pilih benar-benar bisa Anda lakukan atau lakoni sepanjang hidup Anda.
 
selanjutnya >> Bisa Menafkahi

Sponsored links:
Share on Google Plus

Tentang KonsumenReview. com

Konsumenreview.com adalah tempat terbaik melihat hasil review dan komentar dari masyarakat Indonesia seputar produk (barang jasa) yang ada di sekitar kita. Ikutlah berpartisipasi menginspirasi rekan-rekan lainnya.
    Blogger Comment
    Facebook Comment