Asyik Ada Diskon Tunai Nih!

Advertisement:
Setelah diskon launching produk baru, diskon berikutnya yang harus kita ketahui adalah "diskon tunai" (cash discount). Apa sih pengertian diskon tunai itu? Siapa yang menjalankannya atau di manakah kita bisa menemukan bentuk diskon seperti ini? Kira-kira apakah cukup bermanfaat dan menarik? Yuk kita pelajari bersama-sama!
tawaran diskon tunai
Anda bayar tunai maka kami diskonin 5%, mau? image: google.com


Diskon tunai adalah diskon atau potongan harga yang diberikan jika pembeli atau konsumen membayar tunai saat itu juga. Misalnya jika bayar tunai akan ada potongan 10% sementara jika kredit atau ngutang tidak ada potongan. Diskon tunai sering kita jumpai seperti penawaran unit-unit apartemen baru. Bahkan jika kita berani membayar cash untuk uang muka saja sudah bisa mendapatkan diskon. Pembayaran secara kontan tahap pertama inilah diberlakukan diskon tunai ini. Beberapa produk lain yang biasanya dipesan dalam jumlah besar atau langsung dari pabrik atau distributor juga sering menawarkan diskon tunai seperti ini.
Untuk mendapatkan diskon tunai, pembayaran tidak selalu harus dengan uang kontan. Intinya bukan di uangnya tetapi transaksi pembayarannya. Bisa dibayar dengan uang kontan (cash keras), cek, giro, kartu debit atau bahkan kartu kredit. Intinya pembeli membayar langsung. Kalau itu giro maka bukan giro mundur yang waktunya lama. Apakah membayar dengan kartu kredit juga terhitung sebagai pembayaran langsung meski bisa saja seorang pembeli menjadikannya cicilan tetap? Tentu saja. Urusan cicilan itu antara pemegang kartu dengan bank. Sementara bank membayar full langsung ke pemilik toko. Jadi tidak ada hubungannya kecuali program cicilan ini memang diadakan oleh toko yang bersangkutan.

Mengapa pemilik toko atau pengusaha mau memberikan diskon tunai? Selain menarik pembeli, tentu saja agar cepat mendapatkan uang kontan yang bisa langsung dipergunakan entah diputar untuk produk lain atau langsung dibayarkan ke supplier yang ada di dalam atau di luar negeri. Untuk skala yang lebih luas antara supplier dan pemilik toko, kadang untuk mencegah adanya retur barang, banyak supplier menawarkan diskon tunai seperti ini. Istilahnya jika sudah dibayar lunas maka produk yang dijual sudah menjadi milik toko. Tidak bisa lagi dikembalikan karena sudah dianggap beli putus.

Diskon tunai menjadi sangat menarik jika memang produk yang ditawarkan benar-benar kita butuhkan dan kita memang punya uang untuk membayarnya saat itu juga. Meski demikian, jangan pernah sekali-kali meminjam uang untuk membeli sebuah produk hanya karena adanya diskon tunai ini. Terlalu riskan sebab kita tidak tahu hari esok. Kalau misalnya ingin kita jual kembali maka pastikan produk tersebut memang benar-benar lagi ngetren atau booming. Jangan sampai malah terjebak diskon dan akhirnya modal habis sementara produk menumpuk di gudang. Bisa dikeluarkan dengan tawaran diskon tunai lagi dong? Diskon kok dimakan diskon?
 
berikutnya >> Diskon Kuantitas

Sponsored links:
Share on Google Plus

Tentang KonsumenReview. com

Konsumenreview.com adalah tempat terbaik melihat hasil review dan komentar dari masyarakat Indonesia seputar produk (barang jasa) yang ada di sekitar kita. Ikutlah berpartisipasi menginspirasi rekan-rekan lainnya.
    Blogger Comment
    Facebook Comment